Minggu, 01 Januari 2017

ASAL USUL LAGU LINGSIR WENGI

Lingsir wengi merupakan salah satu lagu gending jawa yang menggunakan pakem macapat, pakem macapat terdiri dari 11 pakem salah satunya pakem durma yang dipakai dalam lagu lingsir wengi.

Lagu ini sempat menjadi lagu populer ketika keberadaannya digunakan sebagai backsound sebuah film Indonesia yaitu serial Kuntilanak, film tersebut menyajikan film horor dimana lagu lingsir wengi dilarang dinyanyikan pada waktu tertentu, karena akan mengundang mahluk gaib yaitu kuntilanak.
Dari film ini timbul makna negatif dari masyarakat tentang lagu ini, padahal sejarah dari lagu ini begitu baik dan patut untuk kita ketahui.

Lagu lingsir wengi merupakan lagu yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga, lahir sekitar tahun 1450 SM dengan nama kecil Raden Said. Sunan Kalijaga salah satu wali yang menyebarkan ajaran Islam dengan media budaya jawa, seperti wayang kulit, seni ukir, gamelan, dan yang lain.


Durmo lingsir wengi merupakan arti lagu penolak mahluk halus, namun beberapa dari mereka salah mengartikan menjadi pengundang mahkluk halus. Lagu lingsir wengi diciptakan sebagai penolak bala godaan mahluk halus.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design