Kamis, 22 Desember 2016

KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN


Kreativitas guru merupakan istilah yang banyak digunakan, baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Pada umumnya orang menghubungkan kreativitas dengan produk-produk kreasi. Dengan kata lain produk-produk kreasi itu merupakan hal yang penting untuk menilai kreativitas. Clark Monstakos, seorang psikolog humanistis menyatakan bahwa kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan (mengaktualisasikan) identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan orang lain.


Pada dasarnya pengertian kreatif berhubungan dengan penemuan sesuatu, mengenai hal yang menghasilkan sesuatu yang baru dengan menggunakan sesuatu yang telah ada.

Dari situlah sehingga dapat diartikan bahwa guru yang kreatif adalah guru yang mampu mengaktualisasikan dan mengekspresikan secara optimal segala kemampuan yang ia miliki dalam rangka membina dan mendidik anak didik dengan baik. Seorang guru yang kreatif akan memiliki sikap kepekaan, inisiatif, cara baru dalam mengajar, kepemimpinan serta tanggungjawab yang tinggi dalam pekerjaan dan tugasnya sebagai seorang pendidik.

Ciri-ciri Guru yang Kreatif
Sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya, bahwa guru bukanlah sekedar orang yang berdiri di depan kelas untuk menyampaikan materi pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah anggota masyarakat yang harus ikut aktif dan berjiwa besar serta kreatif dalam mengarahkan perkembangan anak didiknya untuk menjadi anggota masyarakat yang dewasa.


Pada hakikatnya, mengajar jika dilakukan dengan baik telah dikatakan kreatif. Kunci keberhasilan pengembangan kreatif itu terletak pada mengajar dengan kreatif dan efisien dalam interaksi yang kondusif. Hal ini tidaklah mudah dan dibutuhkan keahlian dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran agar tercapai apa yang diharapkan. Secara umum dapat dinyatakan bahwa individu dengan potensi kreatif dapat dikenal melalui pengamatan ciri-ciri sebagai berikut:
  • Memiliki hasrat keingintahuan yang cukup besar.
  • Bersikap terbuka terhadap pengalaman baru.
  • Panjang akal.
  • Mempunyai keingintahuan untuk menemukan (meneliti).
  • Cenderung lebih menyukai tugas yang berat (sulit).
  • Cenderung mencari jawaban yang luas dan memuaskan.
  • Memiliki dedikasi, bergerak dan aktif menjalankan tugas.
  • Berfikir fleksibel.
  • Menanggapi pertanyaan yang diajukan serta cenderung memberi jawaban yang lebih banyak.
  • Kemampuan membuat analisis dan sintesis.
  • Memiliki semangat bertanya serta meneliti.
  • Memiliki daya abstraksi yang cukup baik.
  • Memiliki latar belakang membaca yang cukup luas.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design