Minggu, 18 Desember 2016

KEKELIRUAN -KEKELIRUAN MENDIDIK

Mendidik yang baik adalah yang berhasil membantu  individu dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu hidup. Hal ini terjadi apabila  bentuk  kegiatan pendidikan mempunyai tujuan yang tepat.

Kekeliruan-kekeliruan mendidik adalah bentuk-bentuk kegiatan pendiidikan yang tujuannya tidak benar dan/atau cara  pencapaiannya tidak tepat.

Kekeliruan teknis mendidik
Bentuk-bentuk kekeliruan teknis mendidik berupa kegiatan pendidikan yang salah teknis pelaksanaannya, yaitu kesalahan dalam cara memilih dan menggunakan alat pendidikan. Dengan demikian kekeliruan-kekeliruan teknis mendidik mencakup (1) Kekeliruan cara  mendidik (misalnya mendidik dengan memanjakan atau murah ganjaran, mendidik dengan mengendalikan atau  murah hukuman, mengembangkan keterampilan hanya dengan ceramah, dsb) dan (2) Kekeliruan ekologis atau menciptakan lingkungan hidup yang kurang mendukung pencapaian kedewasaan (misalnya penyiaran tv dengan penuh kekerasan atau pornografi, lemahnya kontrol sosial, penciptaan lembaga pendidikan formal yang tidak tepat, dsb).
Pendidikan salah teknis berakibat pendidikan tidak menjadi efektif, efisien, dan relevan dalam membantu pengembangan  kognitif, afektif, dan psikomotor anak menuju kedewasaan.  Kekeliruan teknis ini dapat berakibat penguasaan pengetahuan/keterampilan yang keliru, dan gangguan-gangguan emosional seperti rendah diri, sombong, keras kepala, dsb. Penganggulangan terhadap akibat-akibat kekeliruan teknis ini dapat  dilakukan antara lain dengan jalan memperbaiki  cara-cara mendidik dan lingkungan hidup, serta memberi bimbingan dan penyuluhan yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design