Senin, 12 Desember 2016

MANFAAT MEMPELAJARI FILSAFAT SEJARAH

• Manfaat utama mempelajari filsafat sejarah adalah akan mempertajam kepekaan kritis seorang peneliti sejarah. Artinya, bahwa bagi seorang peneliti atau pengkaji sejarah (sejarawan) yang dibekali dengan pengetahuan filsafat sejarah akan menjadikan dirinya sebagai seorang “kritikus” yang handal.


• Dalam kajian-kajian modern, filsafat sejarah menjadi suatu tema yang mengandung dua segi yang berbeda dari kajian tentang sejarah. Segi yang pertama berkenaan dengan kajian metodologi penelitian ilmu ini dari tujuan filosofis. Dalam segi ini terkandung pengujian yang kritis atas metode sejarawan.


• filsafat sejarah berupaya menemukan komposisi setiap ilmu pengetahuan dan pengalaman umum manusia. Disisni perhatian lebih diarah kan pada kesimpulan bukannya pada penelitian tentang metode, saran-saran yang digunakan seperti yang digunakan dalam metode analitis filsafat. Dalam kegiatan konstruktif, filosof sejarah bias mencari pendapat yang paling komprehensif yang bias menjelaskan tentang makna hidup dan tujuannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design