Model
ini bertitik tolak dari teori belajar behavioristik yaitu bertujuan
mengembangkan sistem yang efisien untuk mengurutkan tugas-tugas belajar dan
membentuk tingkah laku dengan cara memanipulasi penguatan (reinforcement).
Model ini lebih menekankan pada aspek perubahan perilaku psikologis dan
perilaku yang tidak dapat diamati.Karakteristik model ini adalah dalam hal
penjabaran tugas-tugas yang harus dipelajari siswa lebih efisien dan berurutan.
Ada empat fase dalam
model modifikasi tingkah laku ini , yaitu :
1. Fase mesin pembelajaran (CAI dan
CBI)
2. Penggunaan media ;
3. Pengajaran berprograma (linear
dan branching);
4. Operant conditioning dan operant
reinforcement.
Implementasi dari model modifikasi tingkah lakun ini
adalah meningkatkan ketelitian pengucapan pada anak. Guru selalu perhatian
terhadap tingkah laku belajar siswa . Modifikasi tingkah laku anak yang
kemampuan belajarnya rendah dengan reward sebagai reinforcement pendukung.
Penerapan prinsip pembelajaran individual terhadap pembelajaran klasikal.
0 komentar:
Posting Komentar