Minggu, 25 Desember 2016

ASAL USUL LAWANG SEWU

Secara harfiah lawang sewu sendiri berartikan seribu pintu. Tempat ini mulai dibangun pada tahun 1904, dan selesai pada tahun 1907, yang dibuat oleh pemerintah kolonial belanda yang ada disana. Sebenarnya tempat ini adalah sebuah kantor NIS atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij. NIS yaitu sebuah jawatan perkereta apian swasta yang dimiliki oleh pemerintah Belanda di zaman itu.

Setelah keberangkatan belanda dari Semarang, akhirnya Lawang sewu menjadi milik pemerintahan jepang pada tahun 1940-an. Akhirnya gedung megah ini dibuat dan diubah menjadi tempat peristirahatan pada tentang jepang.
Lalu untuk ruangan yang ada dibagian bawah tanah, digunakan untuk tempat pembantaian para pribumi yang ada pada masa itu. Bahkan untuk para pemuda indonesia, serta tahanan dari belanda. Lawang Sewu sendiri, menjadi salah satu saksi bisu dari kekejaman pemerintahan jepang yang tega menyiksa para tahanan, penduduk pribumi, serta pada orang-orang yang tidak bersalah.

Setelah kepergian Jepang dari indonesia, akhirnya tempat ini menjadi resmi milik indonesia, pada tahun 1945. Serta secara resmi menjadi kantor dari beberapa institusi indonesia. Seperti diantaranya tempat (DKARI) atau Djawatan Kereta Api Republik Indonesia. Sekarang lebih dikenal dengan sebuta PT KAI. Serta juga pernah menjadi tempat Kantor dari Prasaran Komando Daerah Militer atau (Kodam IV/Diponegoro). Serta juga pernah menjadi Kantor dari Kementrian Perhubungan yang ada di Jawa Tengah. 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design