Sabtu, 10 Desember 2016

DASAR PEMIKIRAN FILSAFAT ILMU


LOGIKA

Logika dipahami sebagai ilmu yang mempelajari metode dan hukum-hukum yang digunakan untuk membedakan penalaran yang betul dari penalaran yang salah (diambil dari definisi Irving M. Copi) yang dikutip oleh mundiri.

Istilah logika pertama kali digunakan oleh Cicero (abad 1 sebelum masehi) dan untuk pertama kali juga logika muncul dalam arti seni berdebat atau dalamsuasana berdebat. Alexander Aphro (sekitar permulaan abad ke 3 sesudah masehi) adalah  filsuf pertamayang mempergunakan kata logika dalam arti ilmu yang menyelidiki tingkat kelurusan pemikiran manusia.


Intinya, logika merupakan asas yang menentukan pemikiran lurus, tepat, dan sehat. Agar dapat berpikir benar,  tepat, dan teratur, karena semua logika manusia mampu menyelidiki, mermuskan dan menerapkan kaedah-kaedah yang mengikat sehingga dapat dinyatakan bahwa logika adalah ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berpikir lurus (tepat), sedangkan ilmu pengetahuan adalah kumpulan pengetahuantentan pokoktertentu.

Ditinjau dari  contens proses berpikir, maka logika dapat dinyatakan sebagai suatu percobaan  utnuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut
  • Apakah yang dimaksud dengan pendapat yang benar?
  • Apakah  yang membedakan antara argumentasi yang benardengan argumentasi yang keliru?
  • Adakah yang dapat digunakanuntuk meneliti kekeliruan persepsi?

Bertolak dari pertanyaan-pertanyaan  tersebut diatas, lalu melahirkan pemikiran kita bahwa logika adalahsuatu cabang filsafat yang tergolong urgent sekali dalam rangka mengoptimalkan potensi dan sumber daya manusia. Semua  bagian ataucabang-cabang filsafat tidak dapat dilepaskan daripada penggunaan pikiranatau cara berpikir seseorang,  apakah pikiran itu  benar atau keliru akan tergantung pada penyesuaian dengan asas-asas logika. Kondisi demikian mengantarkan kita pada justifikasi bahwa posisi logika sangat penting sebagai dasar penggunaan pikiran secara benar dan positif.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design