Sabtu, 10 Desember 2016

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Dalam kehidupan dari waktu ke waktu manusia (makhluk hidup) mengalami suatu perkembangan, entah itu dalam fisik atau psikologinya. Dimana dalam kehidupan sehari-hari perkembangan fisiklebih dikenal dengan sebutan pertumbuhan, sedangkan pada yang lainnya (nonfisik) dinamakan perkembangan psikologis. Perkembangan psikologi dapat diartikan sebagai perubahan-perubahan tertentu yang muncul pada diri manusia (binatang) di antara konsepsi (pembuahan) dan mati.


Dunia pendidikan juga perlu mengalami perubahan yang sama cepatnya dengan perubahan zaman, terutama dengan diberlakukannya Kurikulum Nasional (2013) yang baru. Guru harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kualitas pendidikan ditentukan oleh kualitas guru. Sebaik apapun kurikulum yang ada, tetapi bila mutu guru masih belum memadai maka pendidikan tidak akan berjalan sesuai dengan harapan.

Berbiara psikologi perkembangan yang merupaka cabang dari psikologi adalah mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara otogenik, yaitu mempelajari proses-proses yang mendasari perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri, baik perubahan dalam struktur jasmani, perilaku, maupun fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya (life span), yang biasanya dimulai sejak konsepsi hingga menjelang mati (Desmita, 2007:3).

 PENGERTIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Psikologi dapat dipelajari secara teoritis dan praktis. Psikologi yang dipelajari secara teoritis apabila
orang yang mempelajarinya dengan ilmu itu sendiri, tidak dihubungkan dengan soal praktik.
Sedangkan yang praktis, psikologi dipelajari dan dihubungkan dengan yang segi praktik. Dalam segi
praktis ini, orang mencari jalan bagaimana dapat mempraktikkan psikologi dalam kehidupan sehari
hari.

Psikologi menurut Mussen dan Rosenwieg adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang
mind (pikiran) atau the study of mind, tetapi dalam perkembangannya kata mind berubah menjadi
behaviour (tingkah laku) sehingga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang
tingkah laku manusia.

Secara harfiah, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Psikologi tidak mempelajari
jiwaitu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada menisfestasi
dan ekspresi dari jiwa tersebut, yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga
psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses
mental.

Secara umum, psikologi dapat dibedakan menjadi dua cabang, yaitu psikologi teoritis dan psikologi
terapan. Psikologi teoritis dapatpula dibedakan atas dua bagian, yaitu psikologi umum dan psikologi
khusus. Psikologi umum adalah psikologi teoritis yang mempelajari aktivitas-aktivitas mental
manusia yang bersifat umum dalam rangka mencari dalil-dalil umum dan teori-teori psikologi.
Sedangkan psikologi khusus adalah psikologi teoritis yang menyelidiki segi-segi khususaktivitas 
mental manusia, psikologi khusus ini terdiri atas berikut ini.

·         Psikologi perkembangan, mengkaji perkembangan tingkah laku dan aktivitas mental manusia
sepanjang rentang kehidupannya, mulai dari masa konsepsi hingga meninggal dunia
·         Psikologi sosial, mengkaji aktivitas mental manusia dalam kaitannya dengan situasi sosial
·         Psikologi kepribadian, mengkaji struktur kepribadian manusia sebagai satu kesatuan utuh
·         Psikologi abnormal, mengkaji aktivitas mental individu yang tergolong abnormal
·         Psikologi diferensial, menguaraikan tentang perbedaan-perbedaan antar individu
·         Psikologi industri, mengkaji perilaku individu dalam kaitannya dengan dunia industri
·         Psikologi pendidikan, mengkaji perilaku individu dalam situasi pendidikan

Perkembangan tidak terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan
didalamnya terakandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus menerus dan bersifat
tetap dari fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui
perubahan, pematangan dan belajar.

Psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang merupakan dari bagian psikologi. Dalam ruang
lingkup psikologi, ilmu ini  termasuk psikologi khusus, yaitu psikologi mempelajari kekhususan dari
tingkah laku individu. Satu cabang dari psikologi yang ditunjukkan untuk memahami semua
perubahan yang terkait dari pertambahan usia yang dialami oleh manusia sepanjang rentang 
kehidupan, yang perubahan didalam kepribadian, moral, dan proses berpikir.

Berbicara  perkembangan manusia adalah membicarakan hal berikut.
·           Suatu bidang studi yang bersifat interdisipliner yang ditunjukkan untuk memahami semua
        perubahan yang dialami oleh manusia selama rentang masa kehidupannya.
·           Suatu studi ilmiah, terkait dengan perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pertambahan usia,
       yang mana perubahan tersebut terjadi pada aspek perilaku, pola pikir, emosi, dan kepribadian.
·           Suatu studi ilmiah yang mempelajari proses bagaimana individu mengalami  perubahan
       sekaligus melihat bagaimana individu tidak berubah
·    Suatu studi ilmiah yang melibatkan berbagai disiplin keilmuan yang mengungkap bagaimana proses perubahan  yang terjadi pada manusia, yang disebabkan oleh perubahan atau pertambahan usia yang terjadi sepanjang rentang kehidupannya, dimana perubahan tersebut mencakup aspek perilaku, pola pikir, emosi dan kepribadian.

Perkembangan adalah suatu proses perubahan yaitu perubahan dari suatu keadaan menjadi keadaan
yang lain, dan ini terjadi pada diri seseorang yang terus menerus sepanjang hayatnya. Dalam hal ini
terdapat perbedaan pendapat dikalangan para ahli. Masing-masing mengemukakan konsepsi
tersendiri, berdasarkan latarbelakang keahlian khusus, juga dipengaruhi oleh variasi aliran psikologi
yang mereka ikuti.
·           Interdipliner, artinya bahwa pembahasan tentang perkembangan manusia melibatkan semua
       bidang yang mempelajari tentang manusia
·           Studi ilmiah adalah studi yang telah teruji,  mengikuti tahap-tahap ilmiah, dan dapat
       dipertanggungjawabkan hasilnya.
·           Perkembangan selalu dikaitkan dengan perubahan yang terkait dengan perubahan usia.
·     Sebuah perilaku yang sama akan memiliki makna yang berbeda ketika terjadi pada usia yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design