Paul J. Meyer dalam bukunya, Attitude is Everything, berikut beberapa penjelasan mengenai
karakteristik yang S.M.A.R.T dalam menetapkan target:
SPECIFIC
Kata yang
pertama ini menekankan pentingnya menetapkan target yang spesifik; benar-benar
spesifik. Hindari target yang terlalu umum atau kurang mendetail. Target tidak
boleh ambigu, harus jelas, dan dipaparkan dengan bahasa yang lugas. Misalnya,
tetapkan target seperti ini: “tingkatkan
penjualan dari 500 menjadi 1000 buah apel dalam sehari” dan hindari “tingkatkan omset dari penjualan apel
per-hari”.
Untuk
menetapkan tujuan yang spesifik, anda harus menyampaikan kepada tim seluruh
harapan dan keinginan dengan spesifik, mengapa hal ini penting, siapa yang akan
terlibat, dimana akan dijalankan, dan atribut apa saja yang penting. Suatu
tujuan (target) yang spesifik biasanya akan menjawab pertanyaan “5W” ini:
·
What: apa
yang ingin saya capai?
·
Why: Mengapa
harus dicapai? (alasan yang spesifik; tujuan dan keuntungan dari pencapaian
target tersebut)
·
Who: Siapa
yang terlibat?
·
Where:
Dimana target akan dicapai? (identifikasi lokasi)
·
Which:
Identifikasi persyaratan untuk mencapai target dan kendala yang menghalagi
tercapainya target.
MEASURABLE
Kata yang
kedua menekankan pentingnya kriteria yang digunakan untuk mengukur besarnya
kemajuan yang dibuat dalam mencapai target. Filosofi yang melatar-belakangi
poin ini adalah: “Jika target tidak
dapat diukur, mustahil untuk mengetahui apakah anda telah membuat kemajuan
dalam mencapai tujuan akhirnya”. Mengukur kemajuan akan membantu tim
untuk tetap berada dalam jalur yang benar, menepati tenggat waktu, dan
merasakan semangat dan euforia ketika memperoleh hasil yang menggembirakan di
setiap pencapaian yang membawa mereka lebih dekat kepada tujuan.
Target yang
terukur akan mampu menjawab salah satu pertanyaan:
·
Berapa
banyak?
·
Bagaimana
anda mengetahui bahwa target tersebut telah tercapai?
ATTAINABLE
Kata yang
ketiga menekankan bahwa target harus realistis dan dapat dicapai. Target tidak
boleh dibuat terlalu mudah (untuk performa standar tim anda), tapi juga tidak
boleh terlalu sulit sehingga terasa mustahil untuk dicapai. Target yang
ditetapkan akan dapat dicapai jika: anda telah menentukan apa yang paling penting,
lalu mampu membayangkan langkah-demi-langkah untuk mewujudkannya. Untuk itu,
anda akan mengembangkan perilaku, kemampuan, keahlian, dan kapasitas finansial
untuk mencapainya.
Target yang
attainable akan menjawab pertanyaan seperti:
·
How:
Bagaimana target tersebut akan dicapai?
RELEVANT
Kata keempat
menekankan pentingnya memilih target yang tepat. Target yang dibuat oleh bank
manager untuk membuat “50 sandwich isi
mentega kacang dan jeli sebelum jam 2 siang” bisa jadi merupakan target
yang Spesifik, Measurable,
Attainable, dan Timely, namun tidak Relevan. Seringkali anda membutuhkan dukungan berbagai
pihak untuk mencapai target: sumber daya, masukan dari Champion, dan apapun
yang dapat membantu meruntuhkan tembok penghalang. Target yang relevan untuk atasan
anda, tim anda, dan organisasi anda akan mendapatkan dukungan yang anda
butuhkan itu.
Target yang
relevan, jika tercapai, akan mendorong tim, departemen, dan organisasi lebih
maju. Sebuah target yang mendukung atau selaras dengan target-target lainnya
akan dianggap sebagai target yang relevan.
Sebuah
target yang relevan akan memberikan jawaban ‘ya’ untuk semua pertanyaan ini:
·
Apakah
target ini layak diperjuangkan?
·
Apakah
target ini ada di waktu yang tepat?
·
Apakah
target ini sesuai dengan kebutuhan dan target anda yang lain?
·
Apakah anda
orang yang tepat untuk mengejar target ini?
TIMELY
Kata kelima
menekankan pentingnya menepatkan target dengan kerangka waktu, yaitu memberikan deadline pencapaian target.
Komitmen kepada deadline akan
membantu tim untuk tetap fokus menjalankan pekerjaan untuk memenuhi target
tepat waktu, atau bahkan lebih cepat. Ini adalah bagian dari filosofi SMART
yang melindungi target dari serangan krisis sehari-hari yang biasa terjadi
dalam organisasi. Target dengan tenggat waktu akan menimbulkan urgensi.
Target
dengan tenggat waktu akan menjawab pertanyaan berikut:
·
Kapan?
·
Apa yang
bisa saya lakukan (selesaikan) dalam 6 bulan dari sekarang?
·
Apa yang
bisa saya lakukan (selesaikan) dalam 6 minggu dari sekarang?
·
Apa yang
bisa saya lakukan (selesaikan) hari ini?
0 komentar:
Posting Komentar