Jumat, 23 Desember 2016

PENERAPAN ASAS BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


a. Pembelajaran untuk belajar isyarat

      Belajar isyarat merujuk pada proses yang di mulai dengan mengenal adanya isyarat tanda atau petunjuk yang pengimplikasikan pada proses perubahan prilaku.

b. Pembelajaran untuk stimulasi respon

Belajar stimulasi respon merujuk pada proses perubahan prilaku yang dihasilkan oleh terciptanya relasi antara stimulus atau rangsangan dan respon atau jawaban atas stimulus.
Hal-hal yang diperlukan ;


1.      penampilan objek peristiwa atau suasana harus memiliki daya tarik atau daya rangsang yang baik.

2.      kesiapan individu untuk memberikan reaksi terhadap pemberi rangsangan tergantung antara lain pada kesiapan,pengalaman dan kemampuan.
Proses pembelajaran yang baik ialah yang memungkinkan terjadinya relasi antara stimulus dan respon dengan baik.

c. Pembelajaran untuk belajar rangkaian

Belajar rangkaian twrcipta dari adanya berbagai proses stimulus respon menerima stimulus dan selanjutnya memberi respon di dalam suatu konteks.

d. Pembelajaran untuk belajar asosiasi verbal
Belajar asosiasi Verbal merujuk kepada proses memahami perbuatan (konsep,prinsip,benda,situasi dll).Ciri-ciri sebagai berikut ;

1.      Adanya pilihan benda,situasi,suasana,orang dan lain-lain  yang dapat di jadikan penggandaian atau penyerupaan  konsep atau prinsip yang harus di pahami.

2.      Sebagai jembatan untuk memahami suatu konsep ,prinsip,atau sifat.

3.      Adanya kesesuaian antara tujuan antruksional dengan proses belajar asosiasi verbal.

e. Pembelajaran untuk belajar diskriminasi

Belajar diskriminasi memahami sesiatu hal dengan caramelihat perbedaan karakteristik yang di miliki oleh objek pelajaran.

Hal-hal yang harus diperhatikan ;
1.      Dua individu yang memiliki karakteristik yang khas.
2.      Memahami dua hal yang berbeda.
3.      Proses klasifikasi.
4.      Menetapkan hasil pemahaman nya.

f. Pembelajaran untuk belajar konsep

Belajar konsep merujuk kepada aktivitas individu dalam memahami sesuatu benda,proses,gejala,aturan,pengalaman melalui proses mengenal ciri-ciri nya ,contoh dan sifat dari ciri-ciri itu,merupakan peningktan dari proses belajar diskriminasi.

g. Pembelajaran untuk Belajar Aturan

Belajar aturan merujuk kepada proses belajar membangun prinsip atau aturan dengan menggunakan serangkaian fakta, data, peristiwa dan pengalaman yang telah di ketahui atau di alami atau di alami sebelum nya.

h. Pembelajaran Untuk Belajar Memecahkan Masalah

”Belajar Memecahkan Masalah” → Proses mental individu dalam menghadapi suatu masalah untuk selanjutnya menemukan cara mengatasi masalah itu melalui proses berpikir yang sistematis dan cermat. Langkah-langkah yang harus di tempuh ;

1.      Merasakan adanya masalah.
2.      Merumuskan masalah secara khusus dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan.
3.      Membentuk jawaban sementara atau hipotesis atas yang di ajukan.
4.      Mengumpulkan dan mengolah data dan informasi.
5.      merumuskan kesempatan mengenei pemecahan masalah tersebut


0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design