Sabtu, 10 Desember 2016

KENAPA UPACARA BENDERA DILAKUKAN HARI SENIN?


Hari Senin menurut beberapa orang, terutama pelajar, adalah hari yang kurang disukai. Pasalnya, hari Senin itu harus diawali dengan upacara bendera, dimana pada saat itu para murid harus berpakaian atribut lengkap dan berdiri dilapangan selama lebih dari 30 menit dengan teriknya cahaya matahari setelah sehari sebelumnya bisa beristirahat.


Lalu, dari manakah asal usul kalau upacara bendera itu harus dilaksanakan hari Senin? Kenapa tidak hari Jumat? Padahal pembacaan teks proklamasi dilakukan hari Jumat. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, jawabannya adalah karena Senin merupakan awal siswa sekolah masuk setelah libur hari Minggu, dan hari Senin dirasa pas untuk mengisi nilai-nilai nasionalisme.
Mengenai kenapa tidak dilakukan hari Jumat, alasannya adalah hari Jumat merupakan hari sebelum libur, dan kebanyakan sudah tidak memiliki niat untuk belajar dan sudah lelah setelah beraktifitas selama seminggu. Selain rasa lelah, aktifitas selama seminggu itu juga dianggap menghilangkan rasa nasionalisme, sehingga jika upacara bendera dilakukan hari Jumat, maka manfaatnya tidak akan terasa.
Dari situ muncul lagi satu pertanyaa, kenapa upacara bendera harus dilakukan pagi hari? Pada pagi hari tentu kita masih bersemangat dalam menghadapi kegiatan pada hari tersebut. Tubuh dan pikiran masih dianggap mampu untuk mengikuti upacara bendera karena belum dihadapkan dengan pelajaran-pelajaran yang memusingkan. Selain itu, dengan bangun pagi kita diajarkan untuk lebih disiplin dengan waktu dan sinar matahari pagi itu menyehatkan.


Selain itu, upacara juga mengajarkan rasa kebersamaan antarsiswa, di mana masing-masing kelas secara bergiliran menjadi bagian dari petugas upacara.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mifta Erls Template by Ipietoon Cute Blog Design